Pengaruh New Media

31 10 2010

Sebenarnya pengaruh dari new media telah saya bahas pada postingan sebelumnya, disini saya hanya ingin menambahkan sepatah dua patah kata tentang pengaruh (dampak) dari new media.
Langsung saja ke materi pembahasan kita kali ini, cekidotttt…
Setiap perubahan pasti menimbulkan pengaruh atau yang lebih sering kita dengar dampak, dimana dampak itu sendiri dapat berupa dampak yang positif dan dampak yang negatif. Nahh, yang pertama akan saya bahas adalah dampak positifnya. Saya ambil contoh dari new media itu adalah internet, seperti yang telah kita ketahui internet sebenarnya banyak memberikan dampak positif jika kita memanfaatkannya dengan tepat. Internet memungkinkan kita untuk menjelajahi dunia dan memperoleh berbagai informasi yang kita butuhkan, hamper semua informasi dapat kita peroleh dengan adanya internet. Dengan adanya internet kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada dibelahan Negara lain hanya dengan bermodalkan internet, yaitu dengan email (electronic mail). Kita juga dapat berniaga dengan memanfaatkan internet, dengan internet kita dapat mempromosikan produk yang kita jual dengan suatu web (website) ataupun blog. Dan bagi saya sendiri khususnya, dengan adanya internet saya dapat mengerjakan tugas-tugas kuliah dan mendapatkan berbagai modul yang dibutuhkan sebagai bahan pembelajaran. Contohnya saja, dosen-dosen jaman sekarang jika memberi tugas kepada mahasiswanya mayoritas via email.🙂

Nahh..setelah kita membahas dampak positifnya, sekarang waktunya bahas dampak negatifnya dari internet. Setiap ada dampak positif, sejatinya juga ada dampak negatifnya. Nahh, internetpun demikian, tidak sedikit dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya internet. Internet dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Nahh, untuk para orang tua hendaknya mengontrol anak-anaknya jika sedang browsing atau surfing di internet. Salah-salah situs xxx yang dibuka oleh si anak. Bukannya saya mau suudzan, tetapi biasanya sih gitu.  Selain hal tersebut, dengan internet juga memungkinkan seorang penjahat beraksi di dunia maya, sering kita dengar dengan istilah cyber crime. Biasanya kejahatan terjadi dalam dunia perbankan, karena dengan ebanking atau dengan sms banking memungkinkan dan istilahnya member lahan untuk para hacker yang tidak bertanggung jawab untuk merampok (mencuri) uang para nasabah. Selain itu kejahatan jjuga biasanya terjadi lewat situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, ebuddy, dll. Seperti yang pernah saya lihat diberita salahsatu stasiun televisi, para gadis-gadis diculik setelah berkenalan dengan orang misterius di facebook. Wahh, yang demikian mungkin yang sudah benar-benar kecanduan dengan internet dan ia tidak memikirkan dampak ke depannya.

Sebenarnya sih masih banyak yang ingin saya tuliskan tentang dampak positif dan dampak negatifnya dari new media, namun apa boleh buat. Kalau saya tuliskan semuanya mungkin akan menjadi artikel yang terlalu panjang dan terkesan membosankan. Jadi, hanya ini dulu yang dapat saya tuliskan pada postingan kali ini.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari tema new media adalah semakin banyak media-media baru yang bermunculan di era globalisasi ini dan dari media-media yang muncul tersebut sejatinya memiliki dampak yang bersifat positif dan berdampak negatif. Untuk itu, hanya keimanan dalam diri kita sendiri lah yang dapat mengontrol kita untuk menjauhkan diri kita dari segala sesuatu yang negatif tersebut, selain itu peran orang tua juga sangat penting untuk mengontrol aktifitas anak-anaknya di dunia maya.
Atas segala perhatiannya saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih. Mohon kritik dan sarannya untuk memperbaiki segala kekurangan yang terdapat pada postingan-postingan saya.


Actions

Information

Leave a Reply

